Jumat, 10 Oktober 2014

Tulisan Bulan 1

Cerita Anak Generasi #90an


               Hay gue Cindy lahir di tahun 1993 rada kelewat dikit emang gue anggap diri gue anak 90an, karna yang gue tau anak 90an itu kisaran 1990, 1991, 1992, 1993 yang dimana waktu tahun segitu mereka udah lahir dan lagi asik dan seru-serunya nikmatin mainan yang ada.
                   Oke, gue mau cerita aja soal 90an  biarpun agak kelewat dikit sama masa gue tapi gue cukup melihat, merasakn dan menikmatinya di akhir 90an itu berati awal tahun 2000. Ini semua karna lingkungan gue, gue emang anak pertama dari 2 saudara tapi waktu gue kecil gue tinggal dilingkungan yang dimana banyak tetangga-tetangga gue yang menikmati masa itu. Mulai dari musik, cara berpakaian, mainan yang lagi ngetrend masa itu sampe makanan yang emang lagi musim banget masa itu dan masih banyak lagi. Kalo diliat-liat dari masa nya itu lagi trend-trendnya lagu Boys to Boys, Metalica, Britney Spears sampe lagu sehitznya Desi Ratnasari yang Tenda Biru jadi icon sendiri buat anak 90an. Anak 90an mana yang nggak langsung nyanyi-nyanyi iseng. Kalo dari cara berpakainnya itu yang gue inget banget celana cutbray sama celana bahan kodoray dll.
                   Nah kalo permainan lebih banyak-banyak lagi mulai dari tamagoci yang gue inget banget, yang dulu ampe dibawa kesekolah demi ngurus hewan piaraan. Tamia ini nggak kalah lebih seru, kalo dulu lebaran duitnya pasti buat beli mainan ini terus ngadu deh sama temen rumah gamebout juga. Tajoz tau kan yang mana bentuknya yang bulet terus di pinggirannya ada celahnya buat nyambungin ke tajoz yang lain, kalo main ini yang menang tajoz nya buat kita nah kalo yang kalah siap-siap aja berkurang hampir sama kaya kelereng tapi ini permainnya bukan di adu di atas tanah tapi di adu dengan cara disentil. Pelepah pisang ga kalah hitz itu bahan buat mainan tembak-tembakan yang rumahnya dulu masih disekitaran kebon pasti tau. Dulu mah enak Jakarta adem masih banyak pohon pulang sekolah ga langsung pulang maen dulu di kebon, beda ama anak sekarang ngademnya di Mall. Hehe yang jelek jangan ditiru yaa J
                   Komunikasi. Nah, ini nih yang jauh banget bedanya sama sekarang.  Dulu kalo mau telfon temen atau gebetan aja musti nyari wartel dulu. Dulu juga pas nelfon gebetan kalo yang angkat bokap atau nyokap pasti langsung gemeteran karna si doi lagi di panggil hihihi. Mungkin kalo yang dulu punya telfon yang di pakai dengan cara diputer tombolnya mah enak-enak aja.
Jaman gue dulu ga jaman gue juga sih tapi pasti semua lo ngerasain kalo mau main sama temen rumah lo ya gampang-gampang aja  tinggal samper kerumahnya terus main deh, liat siapa aja yang ada dirumahnya temen lo pasti temen yang laen bakalan nyamper. Dulu ga perlu chatingan dulu di grup ngobrol panjang lebar sampee akhirnya nggak jadi pergi karna ada salah satu ada urusan masing-masing.



                                                           
                   Tau dong dulu yang namanya album foto, inget kan lo pada kaya gimana bentukannya, itu yang gede-gede kaya buku tamu kondangan. Sekarang mah beda-beda banget dulu foto cuci langsung cetak taroh album nah kalo sekarang upload dulu facebook ada nama albumnya, upload ke instagram musti pake captionnya biar tau momentnya kapan, dulu pake album foto cukup kasih kertas kecil aja biar inget kapan.
                   Ga perlu namanya ada update status di era itu cukup diary, cukup elo, isi hati lo dan Tuhan yang tau semua gimana cerita hari lo. Sekarang harus mati-matian ngetweet yang dibatesin cuma 140 karakter mana muat men mana muat -____- . Kalo mau nulis reminder juga cukup pake kertas aja atau buku notes yang bisa lo bawa kemana aja, yaa tapi kalo ilang mah resiko. Sekarang nulis reminder gitu bisa di tab atau smartphone lo yang setiap saat bisa lo bawa kapan aja.
                   Mau tau chart musik terbaru lo musti banget namanya chanel MTV tau dong yang mana stasiun tv nya dan acara isinya apa aja. Nah sekarang lo tau sendiri jaman makin lama makin maju, lo mau tau chart musik terbaru gampang tinggal lo download aplikasi shazam di smartphone lo atau buak website billboard disitu udah banyak banget mulai dari  musik sampe artis siapa-siapa aja yang baru ngerilis album baru. Jujur menurut gue pribadi musik yang dulu  lebih bagus pengucapannya dan lirik-liriknya juga lebih bermakna. Kalo mau ngebandingin dulu sama sekarang ya gampang aja pantengin tv deh mulai dari jam 7 nah disitu  ada acara musik pokoknya yaa lo bisa kan menilai sendiri gimana.
                   Ngomongin soal acara tv gue jadi kepikiran acara minggu pagi, udah pada kemana yaa sekarang. Tau kan apa yang aling di annti-nati, yap Doraemon. Ga cuma Doraemon aja sih yang paling laku dulu itu kalo di inget-inget ada Sailormoon, Power Ranger, Power Puff girls, sampe Dragon ball. Untung gue udah gede hehehe jadi udah nikmatin masa itu nontonin masa-masa itu yang dimana masa kecil gue nggak direnggut sama acara musik dan ga perlu sampe marathon film kartun minggu pagi hehe.




                                               
                   Inget ga sinetron apa aja yang dulu, aduuuhhh parah ni gue sumpah ingetan masa-masa itu masih aja keingetan sampe segala sinetron gue hafal hehe. Tapi sinetron yang suka jadi bahan ceng-cengan itu yaa “Noktah Merah Perkawinan” buat lo yang tau soal sinetron ini asli lo ga kalo di bilang tua yaa ketuan hahaha.  Tau film Lupus kan yang dulu di peranin sama Abimana nah ini legend juga kayaknya pas umur segini gue masih 4tahunan kayaknya sih. Jin dan Jun juga ga kalah seru yang di peranin sama Sahrul Gunawan ceritanya soal anak SMA yang punya jin baik dan bisa nolongin kapan aja yang disimpennya di dalem botol yang kadang tiba-tiba bisa nongol tapi jin ini baik. Keluarga cemara nah ini inget kan tagline “Harta yang paling indah adalah Keluarga” ini hitz banget dijamannya dimasa itu. Tapi emang bener  juga tanpa keluarga kita nggak ada apa-apanya apalagi sama orang tua kita sendiri.   Masih banyak lagi sebenernya kalo mau ngulang mesin waktu 90an tapi cukup dulu cerita dari gue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar